Masak Nasi Session Bersama Chef N

"dalam dunia masak-memasak, gue paling sebel ama yang namanya masak nasi"
-N

^sok-sok bikin quotes :p

satu-satunya hal yang gue suka dalam dunia masak-memasak adalah makan 'masakan enak' yang udah jadi. kenapa? soalnya gampang ngelakuinnya, ga ribet. tinggal ngambil sendok, nyendok 'masakan enak'nya, diisi ke mulut. gampang kan?
kalo disuruh masak mie, gue sih oke-oke aja, soalnya gue tahu gimana caranya. sama halnya kalo disuruh ngegoreng telor. itu juga gue bisa.

nah kalo disuruh masak makanan yang 'rumit' kayak "ikan goreng rica-rica" ato "chicken steak" ato "kangkung cah", gue juga oke-oke aja. kenapa? soalnya gue ga tau gimana caranya. kan simple, tinggal ngomong "ga tau", habis perkara. lagian mama gue juga ga mungkin nyuruh gue masak yang rumit-rumit begitu, mungkin takut dapur jadi ancur kali ya.

nah yang gue 'ga oke-oke aja' tuh kalo disuruh masak nasi. kenapa? mo dibilang ga tau, gue tau. mo dibilang tau, ya ga tau juga sih. dari dulu ampe skarang, gue cuman pernah masak nasi 1x doang. itupun sambil ngikutin tutorial masak nasi dari mama gue.

dan pas gue lagi asik-asik internetan, papa gue tiba-tiba nyuruh gue masak nasi. astaganaga baby oh baby my baby darling!! kali ini gue ga bisa ngeles, soalnya dari nada nyuruhnya, gue bisa nemuin pesan tersirat bahwa gue ga punya pilihan lain. mampus gue! trus saat itu papa mama gue lagi mo ke rumahnya tetangga... itu tandanyaaaa.... gue harus masak sendiri! tanpa ibunda! tanpa tutorial masak nasi kayak waktu pertama kali gue masak nasi! ampun dah. tempat beras aja gue ga tau dimana. dengan berbekalkan pengetahuan pas-pasan, mulailah masak nasi session bersama chef N.

N (gue lah, masa gue dong): duhh tempat beras dimana yah!
J (ade sepupu gue): ini nih! disini! (nunjuk lemari di dapur)

buset ade sepupu gue aja tau! masa' gue yang punya rumah ga tau sih...*geleng2*

(oya fyi, selanjutnya gue bakal nulis dengan format apa yang ada di pikiran gue waktu itu)

langkah pertama. hmm... oya ngambil berasnya. *mulai ngambil beras*
eh, biasanya mama masak berapa liter yah? 2 ato 3 yah? ah 2 kali. *ngukur 2 liter*
ah 3 ah! eh tapi stengah aja deh takarannya. siapa tau 2. *ngambil setengah dari takaran 1 liter*
hmm tambah sperempat lagi deh. siapa tau 3. *ngambil lagi*
(pada akhirnya takaran berasnya ga karu-karuan)

abis itu.... hmm.... oya nyuci berasnya! *nyampur beras pake air*
gimana nyucinya ya? oya di obok-obok aja! *ngobok-obok*
waktu itu nyucinya brapa kali yah? kata mama.... *coba nginget*
4x mungkin! tapi jangan-jangan terlalu sedikit lagi.... udah banyak kali aja deh biar berasnya bener-bener bersih! *nyuci beras*
(pada akhirnya gue nyuci berasnya 7x)

ok sip! mantep. udah keliatan putih tuh berasnya! brarti gue berhasil! tuh kan mengkilap gitu berasnya! buset sampe silau mata gue...... hohohohoho *nyengir ga jelas*
LEBAY MODE = ON

dan....kita sampai ke bagian tersulit yaitu ngukur air buat berasnya! ayo N you can do it beybeh.... *naro air pelan-pelan*
hmm... dulu kalo ga salah.... *sambil nginget2* katanya airnya harus 1 jari diatas beras.
eh iya ga ya? tau ah...... pake feeling aja deh gue naronya! *naro air berdasarkan feeling* op op op cukup. udah gitu aja lah. ribet gue mikirnya...

yess akhirnya bagian terakhir yaitu memasukkan these whole ga jelas things ke dalem res kuker! yes! one step closer to an end.... yay! *nyengir ga jelas* muhuhahahahahah
*masukin ke dalem rice cooker*
1 langkah terakhir.... memindahkan tombol yang ada di 'magic jar' kebawah jadi 'rice cooker' *ctek!*

OKEH MANTEP N! YOU'RE DOING A GREAT JOB! *nghibur diri*

tinggal nunggu for a while.........................

NASINYA JADI!

buru-buru gue ngambil piring. buru-buru juga ngambil nasi. trus gue berdoa. abis itu gue nyendok nasinya.......... nasi pun mulai memasuki mulut.... dan.........................





RASANYA ANEH



ada yang lembek banget, tapi ada bagian yang keras... udah gitu struktur nasinya kayak gimanaaaa gitu........ckckckck
pas mama gue pulang, gue nanya-nanya caranya masak nasi dan berikut adalah info yang gue dapet:
-biasanya mama gue masaknya 3 liter
-nyucinya 3x aja udah cukup
-beras warnanya putih (loh?!)

okehh mantep. semangat N! next time better lah! :D

1 comments:

sibogox 24 March 2009 at 09:34  

ada eh momasa sandiri.

napa le kita da mulai2 belajar momasa ini. hehe.
baru tes momasa sup. mar berhasil noh.

err... welcome?
My photo
Sinner, saved by God's grace. Medical intern. Amateur photographer. Fail musician. 90s kid. Snickers fan. Everything is fun in my sight. Well, I write... stuffs.